LUWU

Kemudian terpikir untuk menulis tentang kampung tercinta. Bangga, ya sangat bangga menjadi "Wija To Luwu" atau dalam bahasa luwunya "Bija To Luwu". Yang mengganjal adalah, saat ditanya "aslinya kamu dari mana?" begitu menjawab Luwu, yang ada dibenak penanya pasti daerah Luwuk, dan harus menjelaskan Luwu itu dimana. Kenapa tidak menjawab orang Palopo saja? tidak, karena saya ingin orang-orang lebih mengenal Luwu.

Pernah berdebat dengan teman di sosial media, orang Luwu sukunya apa? Saya dengan yakin menjawab Bugis, dan dengan keyakinannya dia pun menjawab orang Luwu ya sukunya Luwu.
Menurut saya, Luwu itu sebuah cakupan area, seperti halnya Indonesia yang memiliki keanekaragaman suku dan tidak akan pernah ada yang menyebut diri sebagai suku Indonesia.
Lalu kenapa bahasa yang digunakan bukan bahasa Bugis? Pertanyaan ini pernah saya tanyakan pada Umma' (Ibu)," mungkin karena area kita bangsa Luwu lebih dekat dengan area Toraja. Yang menjadi pembeda adalah dialeg atau logat yang digunakan", jawabnya.
Rumpun bahasa yang digunakan oleh masyarakat Luwu adalah Bahasa Tae'. Bahasa ini juga digunakan oleh masyarakat Toraja. sumber
Menurut teman-teman yang pernah mendengar bahasa ini, seperti mendengar bahasa Thailand ;), macam mereka tahu saja bahasa Thailand itu seperti apa ;D

Salam Bumi Sawerigading.

0 komentar:

Posting Komentar

 

afri Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger