MINDTALK


Juni 2012 saya menjadi user Mindtalk.com, bukan sebagai user aktif, sekedar sign up kemudian ditinggalkan begitu saja. saat itu mindtalk ini belum begitu terdengar gaungnya sebagai social media yang menarik, selain itu bisa dibilang belum ada teman yang menggunakan socmed ini.
Mindtalk ini besutan dari Merah Putih Incubator ( MPI ) yang juga menaungi Daylisocial.net dan lintasberita.com. dan berkantor di Jogjakarta. Dikembangkan pada awal tahun 2011 dan resmi diluncurkan pada 14 November 2012.

Awalnya MindTalk adalah proyek pribadi dari Robin Ma’rufi dan konsepnya sebenarnya simpel, bagaimana menghadirkan MIRC dalam versi website. Sebelum berubah menjadi MindTalk, jejaring sosial ini bernama Digaku. Pada perkembangannya, Digaku mengalami penambahan fitur-fitur baru: profil yang lebih detail, points, upload video, like, dst. hingga menjadi seperti saat ini dan menggunakan nama MindTalk.com Dari ide dan konsep tersebut, Robin kemudian mendirikannya bersama Danny Oei Wirianto, salah satu pemegang saham Kaskus.co.id. Jejaring sosial ini menggunakan istilah asing, karena sejak awal ditargetkan untuk masuk pasar global. Media sosial ini berangkat dari fakta bahwa orang Indonesia gemar berkomunitas dan membentuk forum. Sayangnya, dalam forum anggota biasanya tidak bisa membentuk sendiri subforum karena otoritas tersebut dipegang oleh administrator. Selain itu menurut Danny, bentuk forum yang didominasi dengan teks terasa membosankan. Awal kemunculannya, MindTalk.com hanya menggunakan versi beta, dan hanya bisa diakses menggunakan personal computer (PC).(sumber wikipedia)

Berbeda pada awal rilisnya, tampilan halaman muka disuguhi dengan ikon "otak", saat ini ikon tersebut sudah tidak ada lagi, namun masih digunakan sebagai logo social media ini. Di halaman muka terdapat tombol home, channel, login dan sign up. Sebelum login, pengguna sudah bisa melihat konten  latest post, active posts dan channel's pick yang disediakan di channels tersebut. Channel's yang disediakan pun lumayan banyak, pengguna bisa memilih sesuai dengan interest masing-masing pengguna.
Saat login, pengguna akan disuguhi dengan konten-konten channel yang telah dipilih saat pengguna signing up. Lain dengan social media yang selama ini saya gunakan yang menyatukan semua notifikasi yang masuk, baik itu permintaan pertemanan atau notifikasi saat ada user lain yang mengomentari postingan Anda, di mindtalk ini di buat terpisah, saat ada yang mengomentari conversation yang ada ikuti akan muncul notifikasi di tombol dialogue, namun begitu ada yang mensupport Anda akan muncul notifikasi tombol yang berbentuk lonceng. Istilah follow dan memfollow disini disebut support dan memsupport, unik juga.
Di bagian kolom home, terselip popular channels, di twitter disebutnya trending topik, begitulah kira-kira bisa disebutnya. Ada juga satu bagian tampilan antarmuka yang membedakan dengan social media yang lain, yaitu tampilannya bisa diset sesuka hati penggunanya, apakah berbentuk grid atau list.


Arsitektur Pengguna
  • Kata channel biasa digunakan dalam IRC, dan ini juga digunakan dalam MindTalk.
  • Dalam MindTalk, channel diibaratkan seperti rumah yang dihuni oleh orang-orang dari berbagai asal.
  • Dalam forum, ini seperti halnya sub-forum.
  • Dalam channel juga terdapat beberapa atribut seperti : Founder, user dan posting.
  • User dapat membuat channel seperti yang biasa dilakukan pada IRC.
Streams

Streams adalah postingan user yang terus berjalan. Postingan di bagi dalam empat tipe, yaitu : Latest, Pic, Video, Articles (untuk membuat artikel), Ask (bertanya) dan Deal.
  • Latest : Tempat ini digunakan untuk mengupdate status seperti pada social media umumnya.
  • Pic : Tempat ini digunakan untuk mengupload poto.
  • Video : Tempat ini digunakan untuk sharing video, di bagian ini video yang diupload tidak langsung dari drive komputer pengguna namun harus berupa url.
  • Articles : Digunakan untuk membuat artikel yang dibatasi hingga 20000 karakter. User juga dapat memberikan keyword.
  • Ask : Tempat untuk bertanya, dan bisa juga dijawab oleh user lainnya, dan setiap jawaban bermutu akan mendapatkan ranking.
  • Deal : Digunakan untuk membuat penawaran bisnis.
Fitur yang disediakanpun tak kalah dengan social media yang lain, menurut saya mumpunilah. Untuk channel yang telah tercreate bisa ditambahkan logo sesaui dengan channel interest. Bagian yang menarik dan yang paling saya suka saat merespon atau mengomentari postingan tersedia pilihan emoticon yang lumayan membantu mengekspresikan komentar pengguna. Saat mengkreate postingan pengguna dapat membagikannya ke facebook ataupun twitter masing-masing pengguna. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

afri Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger